by

Dirlantas Polda Metro Jaya Akan Terapkan Skema One Way, Ada Peningkatan Arus Lalu Lintas

Berita Jakarta, Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kepolisian Negara Republik Indonesia kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas skema one way pada arus balik libur Idul Fitri 1443 Hijria. Rencananya skema one way diberlakukan dari GT Palimanan utama KM 188 sampai KM 72 Cikampek mulai, Kamis (05/05/22) pukul 11.00-24.00 WIB.

“One way akan diberlakukan pada hari Kamis tanggal 5 Mei 2022 pukul 11.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB dimulai dari GT Palimanan utama KM 188 sampai dengan KM 72 Cikampek dilanjutkan contra flow sampai dengan tol Jakarta Cikampek km 47,” ujar Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P., dalam keterangannya, Kamis (05/05/22).

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P., hal itu dilakukan berdasarkan hasil koordinasi dengan steakholder terkait dan PT Jasa Marga. Hasilnya, dinyatakana bahwa ruas tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan VCR (volume capacity Ratio) sebesar 1,19.

“Berdasarkan data arus lalu lintas hari Rabu tanggal 4 Mei 2022 dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB yang telah melewati ruas jalan tol Cipali mengalami trend peningkatan,” ujar Dirlantas.

Berdasarkan pemantauan melalui CCTV baik yang ada di NTMC dan Command Center PJR serta peta digital terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat. Lalu, Berdasarkan pantauan anggota dilapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar Polda Metro Jaya dan korlantas arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya menerangkan, berdasarkan pemantauan melalui CCTV baik yang ada di NTMC dan Command Center PJR serta peta digital terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat. Lalu, Berdasarkan pantauan anggota dilapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar Polda Metro Jaya dan korlantas arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

Selanjutnya mendasari hal tersebut, maka demi keamanan dan keselamatan serta kelancaran arus balik, maka kendaraan yg akan mengarah ke bandung dan Cikampek diberikan relaksasi 1 lajur. Apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang maka pelaksanaan rekayasa one way akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada.

Namun apabila kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal. Sambode mengatakan, rekayasa lalin one way akan ditingkatkan dari GT Palimanan utama KM 188 sampai dengan tol Jakarta Cikampek KM 47 (tanpa relaksasi) dan diperpanjang waktunya.

“Mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway akan dilaksanakan sterilisasi atau pembersihan baik pada jalur maupun rest area selama dua jam sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway setelah itu rekayasa lalin one way akan dimulai pkl 11.00 WIB,” terang Dirlantas.

Relhupolri