by

Kunjungi Geopark Kaldera Toba,Jokowi Ingin Bangun Miniatur Rumah Adat Batak 5 Puak

Berita Samosir, OLNewsindonesia,(05/08)

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana bersama rombongan mengunjungi Geopark Kaldera Toba Rabu (31/7/2019) lalu di Desa Sigulatti, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Dalam kunjungannya ke lokasi tersebut, Jokowi mendorong agar Geopark Kaldera Toba diakui oleh UNESCO. Selain itu, Arahan Pak Presiden Jokowidi Lokasi ini akan dibangun Miniatur Rumah Adat Batak 5 Puak (Mandailing, Pakpak, Toba, Simalungun dan Karo), karena dari kampung inilah asal-usul Suku Batak.

Jokowi juga menyempatkan diri untuk menonton film “Letusan Gunung Toba dan Proses Terjadinya Danau Toba”, serta mendapat penjelasan soal bagaimana proses terbentuknya Danau Toba secara ilmiah.

Jokowi dan Iriana kemudian diajak ke teater mini dan mendapat keterangan terkait kearifan lokal, suku dan budaya yang ada di Toba. Kemudian soal kain Ulos yang dibuat oleh leluhur suku Batak untuk menyelimuti tubuh dari suhu yang dingin di Toba.

Usai dari teater mini Geopark Kaldera, Jokowi dan Iriana mencicipi kopi khas Samosir di Coffe shop yang tempatnya unik di sekitar area pohon kopi kebun Geopark Kaldera Toba Sigullati.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.