by

Wali Kota Jakbar Hadiri Pencanangan Gemapatas Dan Pelantikan Satgas PTSL

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko menghadiri pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) yang digelar di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Barat, Jumat (3/2).

Pada acara pencanangan ini juga digelar pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Ajudikasi dan Satuan Tugas (Satgas) Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Jakarta Barat tahun 2023.

Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengatakan, pihaknya bersama jajaran kantor BPN Jakarta Barat menggelar pencanangan Gemapatas sekaligus melantik 56 lurah serta petugas BPN menjadi panitia ajudikasi dan satgas PTSL tahun 2023.

“Pemasangan tanda batas dan pelantikan serta pengambilan sumpah lurah dan petugas BPN merupakan salah satu rangkaian dari pelaksanaan PTSL di Jakarta Barat tahun 2023,” ujar Yani Wahyu Purwoko, di lokasi kegiatan.

Ia menjelaskan, program PTSL dilaksanakan dalam rangka menjamin kepastian hukum kepada masyarakat termasuk pemerintah daerah yang memiliki aset diawali dengan pengumpulan data fisik dan yuridis. Sementara pengumpulan data fisik ditandai dengan pemasangan tanda batas atau patok yang digelar hari ini.

“Kami hari ini telah menyaksikan pemasangan tanda batas sebanyak 100 patok yang digelar serentak di sejumlah kelurahan sebagai langkah awal sosialisasi kepada warga Jakarta Barat dimulainya kegiatan PTSL tahun 2023,” jelasnya.

Yani berharap, program PTSL tahun 2023 berjalan sukses dan lancar sehingga warga Jakarta Barat aman dan nyaman atas kepastian hukum kepemikan tanah yang dimiliki.

“Program PTSL juga merupakan salah satu kegiatan dalam rangka meningkatkan perekonomian warga,” katanya.

Ia menjelaskan, program PTSL juga merupakan salah satu kegiatan dalam Jumat Berfaedah. Selama tahun 2022, sebanyak 700 tanah wakaf untuk sarana rumah ibadah yang diusulkan warga pada kegiatan Jumat Berfaedah telah disertifikatkan.
“Tahun ini, kami mengusulkan sebanyak 100 tanah wakaf untuk rumah ibadah disertifikatkan melalui program PTSL tahun 2023,” jelasnya.

Sementara Kepala Kantor BPN Jakarta Barat, Sri Pranoto menambahkan, pihaknya bersinergi dengan lurah dan camat se-Jakbar dalam pelaksanaan PTSL 2023. Ditargetkan sebanyak 1.000 sertifikat diterbitkan melalui program ini.

“Kami juga menargetkan penerbitan sertifikat sebanyak 100 tanah wakaf untuk sarana rumah ibadah melalui program PTSL 2023,” tandasnya.

210