by

Tingkatkan Kualitas BPJS Kesehatan Dan Dinas Kesehatan Karo Gelar ‘Si Bling’

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sembilan tahun menjadi penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada peserta, stakeholder dan mitra. Wujud nyata hal ini di antaranya dapat terlihat pada salah satu fokus utama BPJS Kesehatan tahun 2022 yaitu peningkatan mutu layanan dengan berbagai inovasi.

Guna memastikan mutu layanan yang diberikan khususnya oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kepada peserta JKN terimplementasi sebagaimana yang tercantum dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS), BPJS Kesehatan melaksanakan kegiatan “Si-Bling” (Seeing is Believing) – ‘melihat baru percaya’.

“Yang mana kegiatan ini merupakan bentuk intensifikasi pemantauan kepatuhan FKTP terhadap PKS yang hasilnya akan digunakan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan di FKTP yang digelar di Aula GBKP/ Sentrum GBKP Kabanjahe, Kabupaten Karo dimulai sekira pukul 11.00 WIB,” terang Kabag Umum BPJS Kesehatan Kabanjahe Carles Siburian saat dikonfirmasi, Kamis (04/08. 2022).

Kegiatan Si-Bling di Kabupaten Karo dilaksanakan pada 30 FKTP dengan jumlah peserta terbanyak mulai tanggal 1 Juni hingga 30 Juni 2022. Evaluasi kegiatan dimaksud dilaksanakan bersama oleh BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Dinas Kesehatan dan seluruh FKTP se-Kabupaten Karo, pada hari Selasa kemarin (02/08.2022).

“Diharapkan seluruh insan FKTP selalu bahagia dalam melayani peserta. Dengan adanya perasaan tersebut ketika melakukan pelayanan, maka kita akan memberikan senyuman yang tulus kepada pasien, sehingga mereka kemudian merasa dilayani dengan baik,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Rita Masyita Ridwan.

Pada kegiatan ini, juga disampaikan rekapitulasi hasil survei untuk kemudian dilakukan pembahasan bersama. Beberapa hal yang menjadi fokus perbaikan antara lain belum semua display antrean di fasilitas kesehatan tersambung ke televisi, informasi terkait penggunaan KTP elektronik sebagai identitas peserta dalam mengakses layanan kesehatan belum tersosialisasi kepada seluruh petugas di FKTP, serta penjelasan tentang terapi obat baik oleh dokter maupun petugas apotek.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Irna S. Meliala menginstruksikan jajarannya khususnya Puskesmas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh Peserta dan tetap memperhatikan kontrak kerja sama yang telah ditandatangani bersama.

“Kami harap seluruh FKTP dapat melihat titik krusial yang harus diperbaiki. Saya yakin semua FKTP pasti bisa menjadi yang terbaik, semua tergantung pada diri kita apakah ingin berubah atau tidak,” jelas Irna.

Pada kesempatan yang sama, BPJS Kesehatan juga memberikan apresiasi kepada FKTP dengan hasil survei Si-Bling terbaik yaitu Puskesmas Tiga Panah. Berdasarkan hasil customer journey, Peserta puas dengan pelayanan yang diberikan, FKTP sudah melayani sesuai harapan, dokter mendengarkan keluhan dan memberikan solusi atas keluhan Pasien. Di samping itu, Puskesmas tersebut juga telah melayani Peserta dengan menggunakan NIK termasuk kepada Peserta yang tidak terdaftar di FKTP dimaksud. 

(David)