by

Polri Hadiri Pertemuan Petinggi Kepolisian Anggota PBB

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Polri menghadiri pertemuan tingkat tinggi para Kepala Kepolisian negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa ketiga (UNCOPS 2022) yang dihadiri oleh para Menteri, Kepala Polisi, dan perwakilan senior organisasi kepolisian regional dan profesional ke Kantor Pusat PBB pada tanggal 31 Agustus-1 September 2022.

Kegiatan itu untuk membahas dan mengontekstualisasikan peran Kepolisian Perserikatan Bangsa-Bangsa Action for Peacekeeping (A4P) dan Agenda 2030 untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Dalam pertemuan tersebut membahas 3 tema utama,” kata Karopenmas Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Minggu (4/9).

Tiga hal penting itu, aksi nyata pemeliharaan perdamaian (A4P) dan A4P+. Kontribusi Kepolisian anggota PBB untuk pemeliharaan perdamaian yang lebih efektif.

Kedua, agenda bersama dan agenda 2030, peran polisi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ketiga, performa, kemampuan dan pola pikir personel Polisi PBB yang dibutuhkan.

Dalam kesempatan itu, Polri menyampaikan intervensi dalam pertemuan tersebut. Antara lain, bahwa Indonesia turut berpartisipasi dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB, khususnya Polri saat ini menugaskan 1 Kontingen Satgas Garbha FPU pada misi MINUSCA sejumlah 140 personel dan 41 personel IPO yang tersebar pada misi MONUSCO, MINUSCA, UNMISS, dan MINUSMA.

Polri berkomitmen untuk meningkatkan peran Indonesia dalam misi pemeliharaan perdamaian dengan adanya FPU baru, yang sudah dipersiapkan untuk mengisi misi baru (Minusca-Afrika Tengah atau Minusma di Mali).

Mendorong kesetaraan gender (Gender Mainstreaming) pada misi pemeliharaan perdamaian PBB, perlu adanya peningkatan peran Polisi Wanita dalam Action for Peacekeeping (A4P). Saat ini Polri telah mengirimkan 30% Polwan sebagai IPO dan 14 % Polwan yang bertugas sebagai IPO.

“Polri mendorong prioritas bagi keselamatan dan keamanan Peacekeeper pada pelaksanaan tugas pada misi PBB. Saat ini Polri memiliki Police Peacekeeping training center yang baru saja dibangun dan akan menyelenggarakan pelatihan UN Certified Instructure Development untuk wilayah ASEAN pada bulan 28 Novermber-16 Desember 2022,” ujarnya.

Polri mengirimkan delegasinya untuk menghadiri kegiatan UNCOPS 2022 yang dipimpin oleh Kadivhubinter Polri Irjen Johni Asadoma. beserta lima anggota delegasi, yakni, Kepala Biro Misi Internasional Brigjen Krishna Murti. Kabagdamkeman Romisinter Divhubinter Polri Kombes Audie S. Latuheru. Kasubbagmonev Bagdamkeman AKBP Tito Travolta Hutauruk. Kaurtu Romisinter Divhubinter Polri Kompol Taufik Hidayat Arfiansyah. Banum Taud Divhubinter Polri Briptu Ni Luh Gede Nanda Anjaswari Rai.

210