by

Northrop Grumman B-21 Raider Pesawat Pengebom Generasi-6 Anti Radar Ditunjukan

Berita Teknologi, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Setelah beberapa bulan meluncurkan desainnya ke publik, Northrop Grumman meluncurkan B-21 Raider pertama , pembom generasi keenam yang digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Seperti Northrop Grumman B-2 Spirit sebelumnya, Raider memiliki kemampuan yang sulit dideteksi oleh radar karena penampang yang lebih kecil dan teknologi penyerapan radar yang lebih baru.

B-21 Raider juga mempertahankan desain “sayap terbang” dari B-2 yang dipelopori oleh Jack Northrop sejak 1928. Sekilas Raider adalah pembom yang lebih kecil dengan perubahan yang paling menonjol adalah ventilasi udara mesin yang lebih kecil dan lebih dalam di sayap.

Jendela pesawat juga lebih kecil untuk mengurangi efek pembalikan sinyal radar. Yang lebih menarik adalah desain spion samping yang juga tidak konvensional. Pada acara peluncuran pesawat yang diberi nomor T1 ini hanya diperlihatkan bagian depannya saja kepada penonton.

Northrop Grumman tidak memberikan informasi mengenai kemampuan jangkauan terbang, bobot senjata yang bisa dibawa dan kecepatan maksimal pesawat. Northrop Grumman hanya mengatakan B-21 Raider dapat melakukan misi atas nama USAF di seluruh dunia bila diperlukan.

Sejak berakhirnya perang dingin, fungsi pengebom strategis telah banyak berubah. Di antara hal yang bisa dilakukan B-21 Raider adalah kemampuannya mengebom di siang hari saat sulit dideteksi radar.

Inilah alasan mengapa menggunakan abu-abu cair, bukan hitam seperti F-117 Nighthawk dan biru tua seperti B-2 Spirit. Untuk alasan yang sama diberi nama Raiders sehubungan dengan Doolittle Raiders yang melakukan misi untuk mengebom Tokyo pada siang hari selama Perang Dunia Kedua.

Itu dapat membawa muatan bom konvensional, bom pintar JDAM dan bom nuklir tergantung pada misinya. Selain itu, dapat melakukan berbagai misi strategis lainnya seperti membantu infanteri di lapangan serta melakukan pemantauan tanpa terdeteksi.

T1 akan melakukan tes manuver darat tahun ini dengan penerbangan pertama ditargetkan pada tahun 2023. Sebanyak lima B-21 Raiders saat ini sedang dibangun untuk melakukan berbagai misi uji lagi dengan USAF berkomitmen untuk membeli setidaknya 100 pesawat. Setelah beroperasi, B-21 Raider diperkirakan akan beroperasi hingga 30 tahun dengan total biaya program sebesar $240,4 miliar.

210