by

Lima RW Peraih Penghargaan Proklim Diapresiasi Walikota Jakarta Utara

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengapresiasi lima RW di Jakarta Utara yang berhasil menyabet penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional tahun 2022. Kelima RW tersebut akan dijadikan percontohan bagi RW lainnya agar bisa merealisasikan program keberlanjutan lingkungan hidup.

Kelima RW tersebut yakni, RW 03, Kelurahan Semper Barat; RW 05, Kelurahan Sunter Jaya; RW 02, Kelurahan Warakas; RW 06, Kelurahan Kelapa Gading Timur; dan RW 07 Kelurahan Rorotan.

“Kami bangga dengan upaya yang dilakukan RW peraih predikat proklim tingkat nasional. Kami berharap RW lain bisa mencontoh dan menyusul mendapat predikat serupa,” ujar Ali Maulana Hakim, Rabu (2/11).

Menurut Ali, kebanggaan tersebut lantaran Jakarta Utara merupakan kota pelabuhan dan banyak terdapat lingkungan industri namun masih ada RW yang mampu membangun kesadaran warga untuk berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan.

Dikatakan Ali, Proklim merupakan apresiasi dalam bentuk penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bagi RW yang mampu menerapkan program-progam mendukung keberlanjutan lingkungan hidup. Untuk bisa meraih predikat utama tentunya ada serangkaian tahap penilaian dan verifikasi yang menilai kelayakan.

“Apa yang sudah dilakukan RW peraih Proklim ini akan kita jadikan contoh agar bisa diterapkan di RW lain,” tegasnya.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Utara, Achmad Hariadi menambahkan, penghargaan bagi RW predikat Proklim tingkat nasional itu diserahkan oleh Kementerian LHK pada Minggu (30/10) lalu di Gedung Manggala Wanabakti pada acara Festival Iklim 2022. Kegiatan dihadiri langsung oleh Menteri LHK RI, Siti Nurbaya.

“Tahun ini Jakarta Utara mengusulkan lima RW ke Proklim tingkat nasional dan semuanya mendapatkan apresiasi dari Kementerian LHK RI. Dua di antaranya bahkan meraih tropi yaitu RW 03 Semper Barat dan RW 05 Sunter Jaya,” tandasnya.

Jmy