by

Transjakarta Lakukan Penyesuaian Layanan Sejumlah Rute

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Aksi untuk rasa memperingati Hari Buruh (May Day) di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat dan sekitarnya berdampak pada beberapa layanan bus Transjakarta. Karena itu, PT Transjakarta melakukan sejumlah pengalihan, perpendekan rute dan menonaktifkan pengoperasionalan halte.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transjakarta, Apriastini Bakti Bugiansri menjelaskan, rute-rute yang mengalami penyesuaian yakni rute Blok M – Kota di koridor 1. Layanan di koridor tersebut mengalami pengalihan rute di kedua arah.
“Untuk arah kota tidak dapat melayani Halte Bank Indonesia dan Halte Monas. Sementara arah sebaliknya tidak dapat melayani Halte Monas,” ujarnya, Senin (1/5).

Kemudian rute Pantai Maju – Balai Kota koridor 1A mengalami perpendekan rute menjadi Pantai Maju – Juanda. Untuk sementara, rute tersebut tidak dapat melayani Halte Monas hingga Halte Balai Kota.

Selanjutnya rute Blok M – Senen, mengalami pengalihan rute untuk arah Senen, sementara arah sebaliknya beroperasi normal. Dengan begitu arah Senen tidak dapat melayani bus setop Kementerian Pariwisata hingga bus setop Monas 3.

Lalu. rute Pulogadung – Monas di Koridor 2 mengalami pengalihan untuk arah Pulogadung. Sementara arah Pulogadung tidak melayani Halte Monas hingga Halte Gambir 2, sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Untuk rute juanda – Bundaran HI (2ST) mengalami pengalihan rute untuk arah Juanda tidak melayani Halte Bank Indonesia arah utara dan Halte Monas. Sedangkan arah sebaliknya beroperasi normal sehingga arah Juanda.

Kemudian rute Pulogadung – Rawabuaya (2A) mengalami pengalihan rute untuk kedua arah. Adapun untuk arah Rawa Buaya untuk sementara tidak melayani Halte Kwitang hingga Halte Monas dan arah Pulogadung tidak melayani Halte Monas hingga Gambir.

Rute Gondangdia – Balai Kota juga Mengalami pengalihan rute untuk arah Balai Kota tidak melewati bus setop Masjid Cut Mutia 1 hingga Dana Reksa. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Sedangkan rute Kalideres – Bundaran HI di Koridor 3 mengalami pengalihan rute dikedua arah dan layanan untuk sementara tidak melewati Halte Petojo. Sedangkan rute PGC 1 – Juanda di Koridor 5 mengalami pengalihan dengan rute sementara melayani Rute PGC 1 – Juanda via Harmoni dengan tidak melayani Halte Balai Kota dan Monas.

Sementara rute Kampung Melayu – Tanah Abang, mengalami pengalihan rute untuk arah Tanah Abang tidak melewati bus stop Teuku Cik Ditiro hingga Wisma Mandiri sementara arah sebaliknya beroperasi normal. Lalu rute Ragunan – MH Thamrin via Semanggi mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan – Tosari dan untuk sementara tidak melayani Halte Bundaran HI dan MH Thamrin.

Selain rute layanan reguler, Apriastini menambahkan, aksi unjuk rasa juga berdampak terhadap layanan bus wisata yang melintas di sekitar lokasi seperti rute Jakarta Modern (BW2), Pencakar Langit (BW4) dan Monas – Pantai Maju (BW9). Untuk sementara, bus wisata tidak dapat melayani pelanggan.

“Keseluruhan rute terdampak akan beroperasi normal jika jalur sudah bisa dilintasi kembali. Kami mengimbau agar masyarakat yang ingin menggunakan layanan agar dapat menyesuaikan perjalanan,” tandasnya.

210