by

Rilis Data Counterpoint, 96 Juta Smartphone Terjual Secara Global Di Bulan Mei

Berita Teknologi, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Menurut Market Pulse Service dari Counterpoint Research , penjualan smartphone global turun menjadi 96 juta unit di bulan Mei. Angka tersebut menunjukkan penurunan 4% dibandingkan dengan April dan penurunan 10% terhadap angka dari Mei 2021. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa ini hanya kedua kalinya dalam sepuluh tahun terakhir angka tersebut turun di bawah 100 juta unit untuk periode tersebut.

96 juta adalah penurunan bulanan kedua berturut-turut dan bulan kesebelas berturut-turut penurunan penjualan tahunan. Meskipun rebound kuat setelah gelombang COVID-19 awal pada tahun 2020, penjualan smartphone masih belum kembali ke tingkat sebelum pandemi. Masalah rantai pasokan yang sedang berlangsung stabil meskipun tingkat inflasi yang meningkat ditambah dengan perlambatan pabrik di China dan krisis Ukraina adalah faktor utama yang membatasi permintaan smartphone.

Karena penurunan permintaan, vendor smartphone mengalami penumpukan inventori yang diperkirakan akan berdampak pada data pengiriman smartphone Q2. Melihat ke depan, Analis Counterpoint memperkirakan situasi akan membaik di H2 karena rantai pasokan menjadi normal dan pabrik di China beroperasi pada tingkat penuh.

210