by

Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa,ADD,Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi Daerah Di Kecamatan Nainggolan

Samosir.Onewsindonesia,Senin (02/04)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir Sumatera Utara, gelar Sosialisasi Pengelolaan Anggaran Dana Desa(ADD), Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Tahun 2018 di Kecamatan Nainggolan, bertempat di Aula HKBP Nainggolan, Kecamatan Nainggolan Samosir.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Ketua BPD serta Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD)Se-Kecamatan Nainggolan dan Onan Runggu, dan dibuka oleh Bupati Samosir, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Drs. Jabiat Sagala, SH, M.Hum,

Dalam arahannya, Bupati Samosir melalui Sekdakab Drs. Jabiat Sagala, SH, M.Hum menyampaikan bahwa, pemerintahan desa merupakan garda terdepan dalam pembangunan ekonomi kerakyatan.

Foto: Sekdakab Drs. Jabiat Sagala, SH, M.Hum (berdiri) memberikan  arahan dan bimbingan, Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa.
Foto: Sekdakab Drs. Jabiat Sagala, SH, M.Hum (berdiri) memberikan  arahan dan bimbingan, Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa.

Dijelaskannya, Saat ini, era pemerintahan Jokowi-JK yang mengacu pada butir Nawacita, Membangun Indonesia dari Pinggiran dan Memperkuat Daerah dan Desa, dibuktikan dengan komitmen pemerataan ekonomi yang diwujudkan dengan peningkatan Dana Desa.

Lanjutnya, Di Kabupaten Samosir yang menjadi tantangan utama adalah, kapasitas Sumber Daya Manusia dalam hal ini pemerintahan desa untuk mengelola Dana Desa tersebut. Oleh karena itu, sosialisasi ini merupakan langkah yg strategis, komperehensif dan berkelanjutan dalam rangka pembinaan terhadap pemerintahan.

Foto : Para Kepala Desa se-Kecamatan Nainggolan dan Onanrunggu, diSosialisasi Pengelolaan Dana Desa,
Foto : Para Kepala Desa se-Kecamatan Nainggolan dan Onanrunggu, di Acara Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa,

Kepada Dinas PPAMD Kabupaten Samosir diminta agar membuat klinik konsultasi yang berfungsi sebagai media konsultasi dan pendampingan bagi Pemerintah Desa dalam rangka pengelolaan dana desa, ujarnya.

Selain Dinas PPAMD, Narasumber pada kegiatan ini diantaranya Inspektorat Kabupaten, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Komunikasi Informatika, BPJS dan Bank Sumut.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.