by

Pemkab Karo Apresiasi Pupuk Kompos Mamre Klasis Sinabun

Berita Karo, Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Mengingat tingginya pemakaian pupuk kimia dan harganya yang semakin mahal, maka Mamre Klasis Sinabun Batukarang Kecamatan Payung Kabupaten Karo berusaha mencari solusi dengan memproduksi pupuk kompos yang lebih ramah lingkungan dan harganya yang lebih terjangkau.

Mengingat produksi berbagai jenis pupuk yang semakin mahal dan sulit ditemukan di Kabupaten Karo, maka dari itu Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting melaunching Pupuk Kompos Mamre Klasis Sinabun di Desa Batukarang pada Sabtu (30/04.2022).

Dedi Vernando Ginting selaku Kabid Pemberdayaan Mamre Klasis Sinabun, menyatakan, “ditahap pertama ini, produksi pupuk kompos mereka dapat memenuhi kebutuhan pupuk di wilayah Klasis Sinabun dan kedepannya kita berharap  semoga nantinya pupuk produksi mamre ini dapat dipasarkan di seluruh Kabupaten Karo.

Dengan adanya kegiatan ini Mamre Klasis Sinabun juga berharap adanya peran serta  Pemerintah dalam hal  membantu untuk fasilitas alat ataupun pendampingan agar pupuk yang mereka produksi dapat memiliki mutu yg lebih baik dan dapat di produksi dengan skala besar.

Pemerintah Kabupaten Karo sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Mamre Klasis Sinabun tersebut dan untuk kedepannya Pemerintah akan hadir dalam hal pendampingan untuk peningkatan mutu  maupun pemasaran serta pembuatan ijin.

Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting juga berharap bahwa ini nantinya bisa menjadi pilot project untuk daerah-daerah lain yang ada di Kabupaten Karo,” harap Theopilus Ginting ini.

Turut hadir dalam acara launching tersebut , Kadis Ketapang  dan Perikanan Kab. Karo Sarjana Purba, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Karo Hartoni Keliat.SP, Kabid Perindustrian dan  Perdagangan Kab.Karo Darwin Sembiring SH,
Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Kab. Karo Michael Purba STP.MM, Plt. Dinas Kominfo Kab. Karo Frans Leonardo Surbakti dan Camat Payung, Juni Antomi Kemit, SSTP, M.Si.

(David-Kominfo)