by

Pembukaan Festival Pasir Putih Situngkir Di Hadiri Ribuan Pengunjung

 

Samosir.Olnewsindonesia.Sabtu (31/03)

Pembukaan Festival Pasir Putih Sukses Dan diramaikan pengunjung , baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, Sabtu (31/3) di pantai Indah Pasir Putih Situngkir Desa Situngkir kecamatan Pangururan Samosir Sumatera Utara.

Sebelum menuju lokasi acara di Pantai Indah Situngkir, panitia penyelenggara Dinas Pariwisata laksanakan pawai dengan menyusuri jalan, mulai dari Huta Gugur menuju Pantai Pasir Putih Situngkir bersama para undangan serta Masyarakat Samosir maupun wisatawan lokal dan mancanegara. Dan panitia penyelenggara juga memberikan kepada para peserta pawai berupa ikat kepala kain putih, yang menandakan akan dimulainya acara Festival Pasir Putih.

Foto : Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, beri sambutan dipembukaan Festival Pasir Putih, Sabtu (31/3) di Pantai Indah Pasir Putih Parbaba, Samosir Sumatera Utara
Foto : Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, beri sambutan dipembukaan Festival Pasir Putih, Sabtu (31/3) di Pantai Indah Pasir Putih Situngkir,Samosir Sumatera Utara

Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, dalam sambutannya, di pembukaan Festival Pasir Putih, mengucapkan terimah kasih kepada Kepala LIPI Jakarta, Prof. DR Bambang Subianto, Sekjend Kemen PU-PERA, Ibu Anita Firmanti, Kepala Biro Perencanaan Kemenko Maritim RI beserta rombongan, Direktur Utama Badan Pengembangan Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo, Direktur Pemasaran BPODT, Basar Simanjuntak, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Sumut/mewakili, Runner Up 5 Putri Indonesia yang mana sebagai Duta Pariwisata Danau Toba, Putri Mentari Sitanggang, yang telah hadir di acara pembukaan Festival Pasir Putih hari ini.

Foto: Wisatawan asal Negara Inggris, Mr.Michael Orderan dan kekasih nya Miss Natalaice, foto bersama wartawan OLNewsindonesia.com, JuntakStar(baju kotak), di pembukaan Festival Pasir Putih, Dabtu (31/3)
Foto: Wisatawan asal Negara Inggris, Mr.Michael Orderan dan kekasih nya Miss Natalaice, foto bersama wartawan OLNewsindonesia.com, JuntakStar(baju kotak), di pembukaan Festival Pasir Putih, Sabtu (31/3)

Lanjut Bupati, bahwa dengan event ini, kami menunjukan bahwa Samosir komit melestarikan budaya suku batak. Dan kami juga akan pertunjukan seni budaya batak, yang diciptakan para leluhur kami, untuk tetap menjaga kultur atau budaya, seiring kelestarian Danau Toba.

Bupati berpesan, Jaga Budaya warisan leluhur kita, jaga kebersihan serta kelangsungan Danau Toba, jaga tata krama, tetap berlaku sopan dan etika serta menghormati sesama.Mari kita jaga Danau Toba ini menjadi Destinasi pariwisata prioritas yang dikembangkan pemerintah pusat.

Foto; Ribuan pengunjung, sesaki Pembukaan Festival Pasir Putih, Sabtu (31/3) di Pantai Indah Pasir Putih Situngkir.
Foto; Ribuan pengunjung, sesaki Pembukaan Festival Pasir Putih, Sabtu (31/3) di Pantai Indah Pasir Putih Situngkir.

“Terimakasih kepada bapak Presiden Republik Idonesia, bapak Joko Widodo yang telah memberikan perhatian ke kawasan Danau Toba sebagai DESTINASI Nasional”, ungkap Bupati.

Kepada para pengunjuk yang hadir, kalian yang hadir dan datang ke Samosir adalah Duta wisata, beritakan lah melalui handphone kalian atau share yang baik baik, bahwa Samosir adalah tempat yang sejuk, bersih dan berbudaya, dan jika ada yang tidak baik kasih tau kepada kami, agar kami bisa berbenah untuk Samosir lebih baik lagi, “Samosir Untuk Indonesia, dan Samosir untuk Dunia”, ajaknya.

Foto : Sanggar Seni Batak asal Samosir, laksanakan ritual "MENGURAS TAO", di pembukaan Festival Pasir Putih, Sabtu (31/3)
Foto : Sanggar Seni Batak asal Samosir, laksanakan ritual “MENGURAS TAO”, di pembukaan Festival Pasir Putih, Sabtu (31/3)

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan “Manguras Tao”, kegiatan ini merupakan sebuah praktik pembersihan dan re-purifikasi secara simbolik untuk menghormati lingkungan Danau Toba, serta memohon izin kelangsungan Festival Pasir Putih kepada Tuhan Yang Maha Esa.

(JuntakStar/Polhut)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.