Wakil Bupati Karo Buka Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran Tingkat SMP Dan Mts

Berita Karo Olnewsindonesia,Rabu(07/11)

Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang membuka program Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran untuk para Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Tingkat SMP dan MTs Se-Kabupaten Karo Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 07 – 09 November 2018 di yayasan Pendidikan Kristen Masehi jalan Gundaling no 120 Berastagi Kabupaten Karo.

Dimana salah satu tujuan penting pembelajaran adalah untuk mengembangkan potensi siswa, pendekatan pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi tersebut antara lain ‘Pendekatan Belajar Aktif’. Guru sangat perlu memiliki pemahaman yang baik tentang pendekatan tersebut untuk mendukung peran penting mereka dalam mengembangkan potensi siswa.

Wakil Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang pada acara pembukaan pelatihan, mengungkapkan bahwa pemerintah Daerah Kabuaten Karo sangat mendukung pelaksanaan Program Peningkatan Kualitas Pendidikan, “Pemerintah Daerah Kabupaten Karo terus berkomitmen untuk memajukan dunia pendidikan, terutama dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme tenaga pendidik, melalui pelatihan ini kita berharap dapat menciptakan suasana pendidikan yang berkualitas, kreatif dan menyenangkan.

Tantangan zaman yang kita hadapi pada saat ini berbeda dengan masa lalu, anak -anak pada saat ini jauh lebih kritis diusia sekolah mereka sudah mampu menilai sesuatu dengan cara pandang mereka, disinilah peran serta Guru dan Orang tua yang harus mampu mengarahkan anak didik kita agar daya kritis mereka dapat tersalurkan dengan baik, ” saya berharap para guru, kepala sekolah dan pengawas dapat menimba ilmu dan saling berbagi demi peningkatan kualitas Pendidikan anak-anak kita, seperti moto pendidikan kita Karo Kuat dimulai dari Ruang Kelas ”,ungkapnya.

Ket foto  : Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang saat memberikan sambutan dalam acara pelatihan Praktik Baik Pembelajaran untuk Kepsek, Pengawas dan Guru di YPK Masehi Berastagi, Rabu (07/11) 2018
Ket foto : Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Br Sebayang saat memberikan sambutan dalam acara pelatihan Praktik Baik Pembelajaran untuk Kepsek, Pengawas dan Guru di YPK Masehi Berastagi, Rabu (07/11) 2018

Sementara itu Margaretha Ari Widowati, Wakil Direktur Program Tanoto Foundation, mengungkapkan tujuan pelaksanaan program ini untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Maka pertanyaannya adalah bagaimana kualitas pembelajaran di sekolah, hal inilah yang mendorong Tanoto Foundation bersama pemerintah daerah Kabupaten Karo menjalankanprogram yang berorientasi pada peningkatan Sumber Daya Manusia tenaga kependidikan, salah satunya melalui Pelatihan Praktik Baik pembelajaran ini, untuk terjadinya peningkatan prestasi peserta didik”, jelasnya .

Kegiatan pelatihan tersebut dilatih oleh 10 orang Fasilitator Daerah yang telah dilatih sebelumnya berasal dari sekolah -sekolah melalui seleksi dan didampingi oleh satu orang Spesialis Pelatihan dari Tanoto Foundation. Pelatihan ini juga bertujuan untuk menyusun langkah-langkah pembelajaran yang mengakomodasi unsur-unsur pembelajaran aktif (MIKiR), pertanyaan/tugas (produktif, imajinatif, dan terbuka).

Hadir dalam pelatihan ini, Cory Sriwaty Br Sebayang ( wakil Bupati Karo), Kadis Pendidikan Drs Eddi Surianta Surbakti Mpd, Kabag Humas dan Protokol Drs DJoko Sujarwanto , Margaretha Ari Widowati wakil Direktur Program Tanoto Foundation, Tim Fasilitator Daerah, para Kepala Sekolah, pengawas serta para guru yang di undang se Kabupaten Karo.

(David)

LEAVE A REPLY