TNI – POLRI Gelar Upacara Bertajuk”Solidaritas Dan Sinergitas TNI-POLRI Kunci Kokoh Dan Tegaknya NKRI”

Tanah Karo.Olnewsindonesia,Selasa(17/04)

TNI-Polri dan ASN gelar upacara dalam rangka menyatakan sikap untuk membangun kesolidaritas dan sinergitas dalam menjalankan tugas demi keamanan dan kedaimaian Tanah Karo khusunya pilkada yang akan diadakan di 171 daerah di seluruh wilayah Indonesia dan rangkaian pemilu 2019, Selasa (17/4) di Makodim 0205/Tanah Karo

Hal itu disampaikan, Waka Polres Tanah Karo ,Kompol.Efendi Situmorang, saat menjadi Irup Upacara dan membacakan amanah panglima TNI, mengatakan  “Dunia yang selalu berkembang dan berubah, Seiring kemajuan zaman   yang dicapai oleh umat manusia, perubahan dan perkembangan tersebut, dapat secara langsung maupun tidak langsung, mempengaruhi sendi sendi kehidupan bangsa Indonesia. Perkembangan yang cepat, membuat tantangan tugas bagi kita semakin kompleks dan menuntut kemampuan beradaptasi dan inovasi ,” Tegas Panglima TNI.

Ket foto :Suasana Satuan TNI - Polri dan ASN saat mengikuti Upacara
Ket foto :Suasana Satuan TNI – Polri dan ASN saat mengikuti Upacara

Disebutkan panglima, Dalam kaitan tersebut,  perintahkan kepada seluruh unsur pimpinan untuk senantiasa membaca situasi, berikut segala kecenderungan dan perkembangannya. Hal ini diperlukan agar  semua dapat  meningkatkan langkah pemikiran prediktif, langkah antisipatif dan supaya konstruktif  dalam melaksanakan tugas pokok, serta meningkatkan tugas kinerja prajurit TNI Polri dan ASN dalam rangka mendukung pembangunan nasional  serta tantangan yang akan  dihadapi, khususnya dalam penyelenggaraan pilkada serentak secara serentak dalam waktu dekat  ini.

Terkait Pesta Demokrasi tersebut, biasanya  akan diiringi meningkatnya suhu politik di tanah air. Perlawanan akan timbul, bila hal itu dibarengi dengan berbagai kontra produktif, seperti kampanye hitam dan provokasi serta pengarahan massa yang anarkis.Dalm hal ini,  Prajurit TNI, Polri maupun ASN, harus menjaga netralitas, “ TNI adalah institusi strategis yang memiliki jangkauan sampai kepelosok nusantara, yang mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat , karena tugas TNI untuk mengamankan menjamin suksesnya pesta demokrasi. Dan tidak boleh dirusak oleh sikap yang tidak netral.” ungkap Ependi Situmorang dengan tegas.

Ket foto : Usai Upacara Foto bersama TNI dan Polri
Ket foto : Usai Upacara Foto bersama TNI dan Polri

Selain itu kata Wakapolres Karo, melanjutkan pembacaan perintah panglima TNI, menghimbau  kepada seluruh prajurit TNI Polri  dan ASN, harus dapat membawa kesejukkan ditengah tengah masyarakat, dengan tidak turut meneruskan atau menyebarkan isu isu yang tidak jelas atau berita hoax yang dibuat oleh  pihak pihak yang tidak bertanggung  jawab. Apabila masyarakat meminta konfirmasi sampai penjelasan yang berkeruh suasana, jelaskan  bahwa masyarakat harus lebih dewasa dalam bersikap di media sosial. Karena kegaduhan yang timbul, merugikan masyarakat  sendiri .

Usai kegiatan pelaksanaan upacara ini, Waka Polres Tanah Karo, Kompol.Efendi Situmorang, saat di wawancarai beberapa wartawan di Makodim 0205/TK, menyampaikan “Tujuan  mengadakan upacara itu, untuk menyatakan solidaritas TNI,  Polri dan ASN  dalam menjalankan  tugas, mengamankan Tanah Karo, supaya lebih aman dan kondusif”  Dia juga menegaskan terkait pilkada nantinya, pihak TNI dan Polri tetap netral  dan tidak ada memihak- mihak  “jika ada aparat, TNI, Polri atau ASN  yang ketahuan tidak netral dalam pilkada, maka hal itu sudah  ada undang undang yang mengikat, tentang sangsi bagi setiap aparat yang melanggar aturan itu, kita berharap dengan solidaritas ini, TNI, Polri dan ASN dapat bergandengan tangan dalam melaksanakan tugas,”Jelas Situmorang

Upacara  Solidaritas dan Sinergitas TNI-Polri dan ASN ini, diikuti oleh , Para Camat, Satpol PP Kab. Karo, para Danramil, Simbisa 125 Kabanjahe dan Jajaran Kodim 0205/TK.

(Dasa)

LEAVE A REPLY