Tingkatkan Kualitas SDM Guru, Pemkab Samosir Gelar Seminar Nasional Dan Sosialisasi AKD

Seminar Nasional dan Sosialisasi Analisis Kebutuhan Diklat (AKD), yang diikuti guru dan kepala sekolah SMP se-Kabupaten Samosir
Bupati Samosir Dalam Seminar Nasional dan Sosialisasi Analisis Kebutuhan Diklat (AKD), yang diikuti guru dan Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Samosir

Berita Samosir, Online News Indonesia, Selasa (9/10)

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Samosir, melalui visi terwujud nya masyarakat Samosir yang mandiri, sejahtera, dan berdaya saing serta berbasis pariwisata dan pertanian, pemerintah Kabupaten Samosir Sumatera Utara, melalui dinas pendidikan kabupaten Samosir menggelar Seminar nasional dan sosialisasi Analisis Kebutuhan Diklat(AKD) senin, (8/10) bertempat di Aula Hotel Dainang Pangururan Samosir.

Secara resmi kegiatan seminar nasional dan sosialisasi AKD dibuka oleh Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon MM yang diisi dengan nara sumber dari para praktisi pendidikan.

Dalam laporannya nya, Kadis Pendidikan Ricardo Hutajulu menyampiakan dalam upaya meningkatkan Kualitas Pendidikan SDM, Pemkab Samosir melalui Dinas Pendidikan akan menciptakan generasi SDM yang berdaya saing dan berkompetensi dalam segala bidang.

“Tinggi rendah nya kualitas SDM terletak pada Guru dan Kepala Sekolah dalam mengajar dan membentuk karakter para murid didik nya, Guru adalah ujung tombak menciptakan kualitas pendidikan yang bermutu”, ucap Ricardo.

Terimakasih juga kami sampaikan kepada Toba Pulp Lestasi (TPL) yang sudah ikut berperan dalam menciptakan Generasi Samosir yang berdaya saing, melalui kerjasama dengan pihak TPL. Kami laporkann juga siswa/i SMP di Samosir 10 orang berhasil menjadi siswa/i terbaik SMA DEL tahun 2018, bebernya.

Adapun tujuan acara ini untuk mendiagnosa permasalahan para Guru dan Kepala Sekolah sekaligus memotivasi serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Samosir, kata Ricardo.

Direktur Social Capital PT. TPL Mulia Nauli menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang turut membantu meningkatkan kualitas Pendidikan SDM di Kabupaten Samosir, ” apa artinya kalau pembangunan infrastruktur meningkat tapi tidak di seimbangi dengan SDM yang berkualitas”. Dalam meningkatkan SDM yang berkualitas di mulai dari tingkat Pendidikan Usia Dini (PAUD), Ibarat Kertas yang kosong kalau salah tulis maka hasilnya akan jelek, ungkap Direktur TPL.

Oleh karna itu kunci kesuksesan suatu negara harus di dasari dengan Guru dan Kepala Sekolah yang berkualiatas. Melalui kegiatan ini semoga para Guru dan Kepala sekolah dapat memahami dan meningkatkan wawasan/pengetahuan dalam meciptakan generasi yang berdaya saing dalam dunia pendidikan, ucapnya.

Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan Terimakasih kepada pihak TPL yang sudah memfasilitasi kegiatan ini, dan terimakasih juga kepada para rombongan dari UNIMED sebagai Narasumber dan Pengajar dalam mendiagnosa ataupun bagaimana untuk menemukan apa yang menjadi masalah-masalah dari para Guru dan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kualitas pendidikan dari pada anak didik itu sendiri.

Diharapkan kepada seluruh peserta Guru dan Kepala Sekolah agar memahami dan mengerti apa saja permasalahan yang di hadapi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Samosir, harap Rapidin.

Juga kepada para nara sumber untuk memberikan pelatihan-pelatihan agar para Guru dan Kepala Sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, Sehingga SDM di Kabupaten Samosir dapat bersaing ditingkat strata apapun, tutup Rapidin.

Turut hadir dalam kegitan ini Rombongan dari Unimed Prof Dr Syawal Gultom M.pd (Rektor Unimed), Prof DR Abdul Hamid K, M.Pd (Wakil Rektor 1), Prof DR  Manighar Situmorang M.SC.PhD (Wakil Rektor IV), DR Martina Restuati M.SI (Dekan Fak FMIPA), DR Isda Pramuniati M.HUM (Dekan Fak FBS), Assesor/eksekutor kegiatan Prof DR Julaga Situmorang, M.Pd, Prof DR Efendi Napitupulu M.Pd. serta para Guru dan Kepala Sekolah se-Kabupaten Samosir.

(JuntakStar)

LEAVE A REPLY