Polres Samosir Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Ibu Negara Ke Samosir

Samosir.Olnewsindonesia,Senin (16/04)

Kepolisian Resort Samosir laksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo ke Samosir, Senin (26/04) di Tanah Lapang Onan Lama Pangururan Samosir Sumatera Utara.

Pantauan OLNewsindonesia.com, Kapolres Samosir, AKBP Agus Darojat S.Ik SH sebagai Inspektur upacara Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP, Kunjungan Kerja dan OASE ibu Negara, Ibu Hajjah Iriana Joko Widodo ke wilayah Kabupaten Samosir.

Foto : Kapolres Samosir, AKBP Agus Darojat S.Ik SH, Itu Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Ibu Hajjah Joko Widodo di Kabupaten Samosir
Foto : Kapolres Samosir, AKBP Agus Darojat S.Ik SH, Itu Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Ibu Hajjah Joko Widodo di Kabupaten Samosir

Berikut Amanat Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Ibnu Triwidodo S.IP, yang dibacakan langsung oleh Inspektur Upacara, AKBP Agus Darojat S.Ik SH.

“Assalamu’allaikum Waramatulahi Wabarakatu, Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi kita semua, Om Swastyatu.

Peserta Apel yang saya hormati, apel gelar pasukan pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan kerja Ibu Hajjah Iriana Joko Widodo ke wilayah Kabupaten Taput dan kabupaten Samosir, provinsi Sumatera Utara, untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi VVIP.

Keamanan wilayah yang dikunjungi VVIP setiap saat dimana pun berada, ancaman terhadap VVIP bukan hanya merupakan ancaman keselamatan dan keamanan saja, namun juga ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan negara, martabat dan kewibawaan pemerintah. Untuk mengatasi berbagai potensi ancaman tersebut, TNI bersama institusi terkait perlu menyelenggarakan operasi pengamanan secara terpadu.

Oleh karena itu, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan tiap tiap Satuan Tugas Pengamanan (SATGASPAM) secara keseluruhan, baik personil, materil maupun sarana pendukung pengamanan lainnya.
Apel Gelar Pasukan ini memggambarkan totalitas kesiapan pengamanan, mulai H-1 sampai selesai kunjungan kerja Ibu Hajjah Joko Widodo beserta rombongan.

Ada beberapa atensi untuk dijadikan pedoman dalam pengamanan VVIP,

Pertama, masing masing personil harus tahu tugas sesuai tanggungjawabnya, dan pedomani prosedur dalam penanganan tindakan dilapangan.

Kedua, cegah terjadinya kelengahan dengan cara meningkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain.

Ketiga, pegang teguh disiplin dengan memahami rantai komando yang efektif dan efesien agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan baik.

Keempat, check end recheck sampai detik terakhir sebelum, selama dan sesudah Ibu Hajjah Joko Widodo menuju ke objek yang dituju.

Kelima, adakan kordinasi dilapangan agar kendala yang timbul dapat segera diatasi sedini mungkin.

Keenam, para Dansatgas dan Subsatgas agar meningkatkan pengawasan dan pengendalian personel dilapangan. Yakinkan tidak ada satupun yang meninggalkan sektor tugasnya.

Demikian amanat saya, semoga Tuhan yang maha esa memberikan petunjuk dan lindungannya kepada kita semuanya dalan menjalankan tugas pengamanan kunjungan Ibu Hajjah Iriana Joko Widodo dengan lancar dan sukses.

Selamat bertugas,
Assalamualaikum Waramatulahi Wabarakatuh, Syalom , Om, Santi, Santi, Santi, Om ”

Foto : Kapolres Samosir, AKBP Agus Darojat S.Ik SH, periksa personil gabungan di apel gelar pasukan pengamanan kunjungan Ibu Hajjah Iriana Joko Widodo ke Kabupaten Samosir
Foto : Kapolres Samosir, AKBP Agus Darojat S.Ik SH, periksa personil gabungan di apel gelar pasukan pengamanan kunjungan Ibu Hajjah Iriana Joko Widodo ke Kabupaten Samosir

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Kerja dan Oase Ibu Hajjah Iriana Joko Widodo, Bupati Samosir, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs.Jabiat Sagala, Dandim O2/10 TU Letkol Inf Rico Julianto Siagian, Danyonif 135 Si bisa Letkol Inf. Viktor Djokro, Sekretaris Disbub, Kasat Pol PP, Darwin Sihombing.

(JuntakStar)

LEAVE A REPLY