Peringati May Day 2018, Pemprov Sulut Terima Aspirasi Pekerja Ex Freeport Asal Sulut

Manado OLNewsindonesia – Selasa (1/5)

Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional yang juga dikenal dengan May Day, menyelenggarakan kegiatan bertajuk May Day is a Fun Day, di ruangan Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Penandatanganan MOU Antara Pemprov Sulut Dengan BPJS Ketenagakerjaan Serta BSAUA
Penandatanganan MOU Antara Pemprov Sulut Dengan BPJS Ketenagakerjaan Serta BKSAUA

Acara yang diadakan pada Selasa (1/5) dimulai pada jam 10.00 Wita dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Bapak Drs. Steven O.E. Kandouw, Forkopinda, BKSAUA, Apindo, Kadin, Pelaku Usaha, Serikat Pekerja dan Serikat Buruh.

Sesi Foto Bersama Pejabat Pemprov Sulut Dan Para Peserta
Sesi Foto Bersama Pejabat Pemprov Sulut Dan Para Peserta

Hadir juga di acara ini, komunitas yang menamakan “Freeport Workers se-Sulut”. Mereka datang menyampaikan aspirasinya dengan damai. Datang secara beiring-iringan menggunakan kendaraan, dan mengikuti acara didalam ruangan aula Mapalus.

Ir Erny Tumundo (Kanan) Kadisnakertrans Berfoto Bersama Wartawan OLNews Indonesia
Ir Erny Tumundo (Kanan) Kadisnakertrans Berfoto Bersama Wartawan OLNews Indonesia

Acara diawali dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya serta doa dipimpin oleh pemuka agama.Sambutan pertama oleh Ketua Panitia yang sekaligus Ketua KSPSI Sulut Bpk. Tommy Sampelan, SE. Kemudian dari perwakilan KSBSI Bpk. Pdt. Julioner Luntungan Mth, keduanya berharap agar pemerintah memperhatikan lebih baik lagi kesejahteraan pekerja.

Tommy Sampelan,SE Ketua KPSI Sulut (Kiri) Bersama Wartawan OLNewsindonesia.
Tommy Sampelan,SE Ketua KSPSI Sulut (Kiri) Bersama Wartawan OLNewsindonesia.

Sebagai sambutan puncak, dibawakan langsung oleh Wakil Gubernur  Provinsi Sulawesi Utara Drs. Steven O.E. Kandouw. Beliau berjanji akan memperhatikan semua aspirasi yang disampaikan dan meminta peran aktif Disnakertrans Prov. Sulut mengupayakan bersama untuk kesejahteraan pekerja, “Silahkan Ibu Kadisnakertrans membuka Hotline agar lebih cepat menerima informasi dari pekerja”, ujar Bapak Steven Kandouw.

Hal menarik yang juga diadakan dalam acara ini adalah ditanda tanganinya MoU antara Pemprov. Sulut dengan BPJS Ketenagakerjaan dan BKSAUA.

Untuk hal ini Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Utara Ir. Erny Tumundo saat ditemui menyampaikan bahwa MoU tersebut memberikan proteksi berupa Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, bagi pekerja atau mereka yang mengabdi dibidang keagamaan lintas agama sebanyak 35.000 orang.

Lagi menurut beliau bahwa ini merupakan program inovatif dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE dan ternyata menjadi yang pertama di negara ini. “Untuk hal itu Bapak Gubernur mendapat apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (Muri) yang akan diberikan dalam waktu dekat ini”, kata Ibu Kadis yang anggun serta ramah ini.

Dipenghujung acara khusus bagi pekerja yang hadir, menjadi lebih meriah dengan dibagikannya door prize.

AWK

LEAVE A REPLY