Opsi IV A Dominasi Suara Dalam Penataan Alokasi Kursi DPRD Pemilu 2019

 

Samosir.Olnewsindonesia, Selasa (13/02)

Opsi IVA yang mendominasi uji publik Penataan Dapil (daerah pemilihan) dan Alokasi Kursi DPRD Pemilu 2019, yang di gelar KPU kabupaten Samosir Sumatera Utara, Selasa (13/2).

Mengundang pengurus parpol, ketua/wakil ketua DPRD Samosir, anggota DPRD Samosir, Panwaslu Samosir, dan tokoh masyarakat serta tokoh agama kabupaten Samosir. Uji publik digelar di Hotel Saulina Resort Pangururan Samosir.

Foto : Hasil Uji publik Dapil dan Alokasi Kursi di Kabupaten Samosir yang akan di Kirim ke KPU Provinsi
Foto : Hasil Uji publik Dapil dan Alokasi Kursi di Kabupaten Samosir yang akan di Kirim ke KPU Provinsi

KPU kabupaten Samosir sendiri telah membuat usulan rancangan penatan dapil untuk pemilihan anggota DPRD kabupaten Samosir pada Pemilu 2019 mendatang.

Dapil untuk Pemilihan Anggota DPRD Samosir pada Pemilu 2019 diusulkan terdiri dari lima opsi.

Opsi pertama dengan 3 dapil yakni; Dapil 1 terdiri dari kec.Pangururan, Ronggur ni Huta dan Simanindo. Dapil 2 : Palipi, Nainggolan dan OnanRunggu. Dapil 3 : Harian, Sianjur Mula-Mula dan Sitio-Tio.

Opsi kedua dengan 4 dapil (4A) yakni: Dapil 1 terdiri dari kec.Pangururan dan Ronggur ni Huta. Dapil 2 : Simanindo dan Onanrunggu. Dapil 3 : Palipi dan Nainggolan. Dapil 4 : Sianjur Mula-mula, Harian dan Sitio-tio.

Foto: Suasana uji publik dapil oleh KPU kabupaten Samosir
Foto: Suasana uji publik dapil oleh KPU kabupaten Samosir

Opsi ketiga dengan 4 dapil (4B) yakni: Dapil 1 terdiri dari kec.Pangururan dan Ronggur ni Huta. Dapil 2: Simanindo dan Onan Runggu. Dapil 3 : Palipi, Nainggolan dan Sitio-tio. Dapil 4 : Sianjur Mula-Mula dan Harian.

Opsi keempat dengan 4 dapil (4C) yakni: Dapil 1 terdiri dari kec.Pangururan dan sianjur Mula-Mula. Dapil 2 : Simanindo dan Ronggur Ni Huta. Dapil 3 : Nainggolan Onanrunggu. Dapil 4 : Palipi, Harian dan Sitio-Tio

Opsi kelima dengan 5 dapil yakni : Dapil 1 Simanindo. Dapil 2 Pangururan dan Ronggur ni Huta. Dapil 3 Palipi dan Sitio-Tio. Dapil 4 Harian dan Sianjur Mula-Mula. Dapil 5 Nainggolan dan Onanrunggu.

Rancangan dapil tersebut, ujar Ketua KPU Samosir, Suhadi Situmorang, sudah diuji publik dan akan diusulkan berdasarkan hasil uji publik yang di selenggarakan oleh KPU Kabupaten Samosir di Hotel Saulina Resort Pangururan.

Opsi IVA memiliki suara publik sebanyak 22 point, Opsi IVB memiliki suata publik sebanyak 18 point, dan Opsi 3 memiliki suara publik sebanyak 12 point, dan hasil nya hari ini langsung kita kirim ke KPU provinsi Sumatera Utara, untuk ditetapkan diantara opsi tersebut menjadi dapil di kabupaten Samosir, ujarnya.

(JuntakStar)

LEAVE A REPLY