Kriteria Pemimpin Jawa Barat

Bandung Jawa Barat, OLNEWSINDONESIA.

Jawa Barat sebagai Provinsi paling besar jumlah penduduknya tentu harus mampu memilih pemimpin secara tepat.

“Tepat dalam arti mengetahui dan memahami Jabar secara komprehensif. Kriteria yang layak menjadi pemimpin Jawa Barat setidaknya ada tiga hal,” kata Ketua Garda Rajawali Perindo Jawa Barat Deden Dinar kepada OLNEWSINDONESIA Minggu (6/8/17) Siang  tadi Pukul 13.15

Kepada OLNEWSINDONESIA Deden Menuturkan. Pertama, memiliki rekam jejak positif dan inspiratif. Karena sebagai pemimpin ia harus menjadi teladan sekaligus bisa menggerakkan. Dengan kepemimpinan semacam ini maka partisipasi masyarakat dapat di dongkrak karena terinspirasi pemimpinnya.

“Kedua, harus memiliki komitmen membangun berpijak pada “local wisdom”. Ini penting sebab pembangunan yang mengabaikan local wisdom pada gilirannya hanya mencerabut masyarakat dari akar sosial budayanya. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang bisa meramu antara budaya dan kemajuan berjalan seiring sejalan,” ungkapnya.

Ketiga, lanjutnya, harus punya visi kedepan. Dengan potensi yang dimiliki Jabar, pemimpin harus memiliki visi dan road map bagaimana membangun Jabar agar lebih maju.

Dengan ketiga kriteria pemimpin tersebut, Jawa Barat bisa lebih maju pembangunannya, terjaga budayanya, dan Sejahtera warganya,” tandasnya. (INK)

LEAVE A REPLY