Komitmen Hebat Pemkab Merauke Di Sektor Pertanian, Promosikan #2019 Indonesia Makan Beras Anim Ha Merauke

Bupati Merauke, Frederikus Gebze Mempromosikan Beras Anim Ha
Bupati Merauke, Frederikus Gebze Mempromosikan Beras Anim Ha

Merauke OLNewsindonesia – Selasa(12/6)

Pemkab Merauke kembali mewujudkan komitmennya dalam usaha memberikan perhatian kepada sektor pertanian diwilayahnya. Upaya meningkatkan produktivitas padi, membuahkan hasil dimana kini Merauke menjadi lumbung padi nasional. Tidak hanya mendapat pengakuan dari dalam negeri, kini padi dari tanah Kabupaten paling timur di Indonesia ini, juga menjadi komoditas ekspor ke negara tetangga yaitu Papua New Guinea.

Beras dengan varietas dan kualitas tinggi ini dikenal dengan nama Anim Ha. Dalam keterangan pers, Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengatakan 60 ribu hektare lahan pertanian di Merauke, sebanyak 40 ribu hektare diantaranya sudah ditanami padi dengan kapasitas produksi mencapai 20 ribu ton padi.

Menurut Bupati Merauke, Frederikus Gebze “Beras Animha sudah ekspor ke negara tetangga seperti Papua Nugini (PNG)” ujarnya kepada media. Menurutnya, dari 60 ribu hektare lahan pertanian di Merauke, sebanyak 40 ribu hektare diantaranya sudah ditanami padi dengan kapasitas produksi mencapai 20 ribu ton padi.

Pemkab Merauke membuktikan bahwa wilayah administrasinya yang sebelumnya merupakan pembeli beras, kini menjadi daerah penghasil beras terbesar di Papua. “Sekarang ini, hasil produksi itu sudah mencukupi kebutuhan warga setempat, sehingga Pemkab Merauke membuka kerja sama pengiriman beras ke Singapura,” ungkapnya memberikan penjelasan.

“Merauke adalah pertaniannya Papua, dan pertaniannya Indonesia jadi kalau sudah ada 350 ribu petani profesioal yang mengembangkan lahan maka pasti bisa memberikan dampak yang positif untuk pembangunan pertanian di Tanah Papua,” tukasnya.

Atas dasar tersebut, kolaborasi pun dilakukan, bekerjasama dengan Perum Bulog Divre Merauke untuk memperkenalkan beras Anim Ha dan menjadikan Trademark khas Kabupaten Merauke. Tentunya akan sangat bermanfaat bagi para petani lokal, supaya bisa meningkatkan produksi pertanian di Merauke.

Frederikus optimis, pada 2019 beras Anim Ha menjadi produk beras yang dapat dikonsumsi secara nasional. Untuk itu ia kerap menyosialisasikan keberadaab beras Anim Ha ditingkat pusat dan daerah. “Dengan tagar #2019 Kita Makan Beras Anim Ha, Insya Allah Bebas 5A, Perut Aman, Aman Fikiran, Aman Mata, Aman Mulut, Aman Tangan dan Aman Kaki”ujarnya antusias.

DAVE

LEAVE A REPLY