KH.Amiruddin MS : Sumut Memerlukan Pemimpin Yang Bertakwa

Medan, Olnewsindonesia, Sabtu (03/02)

Gerakan Subuh Berjamaah yang terjadi pada masjid di seluruh Sumatera Utara, menunjukkan umat Islam semakin sadar tentang keutamaan sholat berjamaah. Ke depan, umat pun disebut memerlukan pemimpin yang bertakwa.

Hal ini disampaikan Al Ustadz KH Amiruddin MS, dalam tausyiahnya usai Subuh Berjamaah di Masjid Al Muhtadin, Jalan Kemuning, Perumnas Helvetia, Medan, Sabtu (3/2).

Tampak hadir tokoh muda Sumut, H Musa Rajekshah, Pini Sepuh PP Yan Paruhum Lubis (Ucok Mayestik), dan Qori Internasional, Jafar Hasibuan.

Dikatakan Amiruddin, bagi orang muslim sholat adalah kewajiban dan sholat berjamaah itu lebih diutamakan. Berjamaah itu bersama umat dan itu adalah perintah Allah SWT. “Kalau ini dilaksanakan, Allah SWT akan memberkahi dan menurunkan rahmat-Nya. Tapi sifatnya kontinyu. Kita harus sholat sampai akhir hayat,” kata KH Amiruddin MS.

Dia menambahkan, karena yang wajib sholat adalah muslim, maka setiap muslim adalah saudara. Siapapun bisa datang ke tempat saudaranya, baik itu untuk sholat berjamaah maupun silaturahmi umum.

“Itulah kelebihan Islam. Sholat untuk menguatkan hubungan ke Allah SWT, Tuhan YME. Dengan berjamaah, kita menyolidkan hubungan sesama manusia,” tukasnya.

Foto: Al Ustad KH. Amiruddin MS, disrla memberikan Tautsyiahnya di Mesjid Al Muhtadin, Perumnas  Helvetia Medan
Foto: Al Ustad KH. Amiruddin MS, disrla memberikan Tautsyiahnya di Mesjid Al Muhtadin, Perumnas Helvetia Medan

Amiruddin menambahkan, di dunia ada pemimpin formal (umara) dan dan pemimpin spiritual yakni ulama. Umara dan umala ini harus senantiasa bersatu dan bersinergi. “Kalau ulama dan umara ini seiman, seakidah dan sama-sama bertakwa, InsyaAllah akan dilimpahkan barokah ke negeri itu. Kalau ajaran Islam itu diamalkan oleh orang Islam yang bertakwa, maka semua orang di negeri itu akan merasakan kebaikan,” ungkapnya.

Dosen UIN Sumatera Utara ini, menyebutkan, umat pun saat ini membutuhkan pemimpin yang bertakwa sebagai teladan. “Sebab mereka ingin berbarengan (bersama-sama, red) di akhirat dan surga kelak,” pungkasnya.

Sementara, Musa Rajekshah yang diminta memberikan sambutannya, mengaku berterimakasih pada BKM Al Muhtadin, yang sudah mengundangnya untuk subuh berjamaah. “Subuh Berjamaah seperti ini sangat baik untuk kita memulai aktivitas setiap hari. Kita harus berupaya untuk selalu berjamaah,” ungkapnya sembari menyampaikan salam Edy Rahmayadi, yang juga sedang Subuh Berjamaah di masjid lain.

Ijeck, sapaan Musa Rajekshah, menambahkan, safari subuh seperti ini sering dilakukannya dalam kunjungan ke daerah kab/kota di Sumut. Menurut Ijeck, selain sebagai kewajiban seorang muslim, berjamaah di masjid juga memperkuat hubungan emosional dengan saudara sesama muslim. “Semoga kita semua dimudahkan dan diberikan keistiqomahan dalam iman,” terangnya.

Sedangkan, Ketua BKM Al Muhtadin, Muflih Rangkuti, menambahkan, Subuh berjamaah ini memang harus digalakkan. “Kalau bersatu kita, tentulah umat ini semakin baik. Selain Subuh Berjamaah, Maghrib Mengaji juga kami gelar di masjid ini,” pungkasnya.

(JuntakStar/Rel)KH.

LEAVE A REPLY