Kades Tertua Di Dunia Hanya Ada Di Kabupaten Samosir

Berita Samosir.Olnewsindonesia.Jum’at(10/08)

Kepala desa/Lurah yang masih aktif tertua di Dunia, ada di kabupaten Samosir Sumatera Utara, tepatnya Desa Simbolon Purba Kecamatan Palipi.

Namanya Rulia Simbolon, Lahir 28 Mei 1935. Menjabat sebagai kepala desa Simbolon Purba semenjak 2007 dan sampai saat ini (periode kedua) 2018.

Saat ditemui ONewindonesia.com di kantor nya (kantor Kepala Desa Simboon Purba) Rulia Simbolon terlihat masih sehat secara fisik dalam membangun desa serta melayani rakyat yang dipimpin nya.

Foto : Kantor Kepala Desa Simbolon Purba, Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir Sumatera Utara,
Foto : Kantor Kepala Desa Simbolon Purba, Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir Sumatera Utara,

Beliau menuturkan,
Sebelum menjabat sebagai kepala Desa, Ibu dari delapan anak, 26 cucu dan satu cicit ini berprofesi sebagai guru sididi (1953), dan pensiun tahun 1995 sebagai kepala sekolah dasar 173729 (usia 60 tahun).

Dengan sikapnya yang mencerminkan sosok guru panutan, warga desa tempat tinggal Rulia pun memintanya untuk ikut dalam pemilihan kepala desa (2007). Alhasil, Rulia pun memimpin dan menjadi kades hingga sekarang.

Sebagai Kepala Desa yang memimpin 564 Kepala Keluarga (KK), Rulia Simbolon menjalani nya ibarat hubungan antara anak dengan ibu, dengan penuh kesabaran, jujur, serta  tidak membeda bedakan warga yang satu dengan yang lainnya dalam melayani rakyat nya.

Dalam penelusuran Geogle, Rulia Simbolon yang diusia ke 83 tahun, layak dikategorikan sebagai Kepala Desa/Lurah tertua di Dunia dalam catatan MURI maupun Guinness Word Records.

(JuntakStar)

LEAVE A REPLY