Jalan Longsor Antar Kecamatan Hingga Kini Belum Ada Tanda Perbaikan

Bibir Jalan yang longsor beberapa bulan lalu, hingga kini masih tampak di abaikan
Bibir Jalan yang longsor beberapa bulan lalu, hingga kini masih tampak di abaikan

Berita Tanah Karo, Online News Indonesia, Senin (8/10)

Jalan Lintas Desa antar Kecamatan  Merdeka ,  Naman Teran dan Kecamatan Simpang Empat , Kabupaten Karo yang longsor beberapa bulan lalu, persisnya di Desa Merdeka sampai hari ini Senin (08/10) 2018 belum juga di perbaiki oleh Dinas terkait. Padahal jalan tersebut sudah sangat mengkhawatirkan terlebih terhadap warga yang melintasinya . Dan sebelumnya juga (pertama longsor terjadi ) media Olnewsindonesia.com juga sudah menerbitkan berita longsor tersebut.

Jurang yang longsor dengan kedalaman sekitar 150 meter dari bahu jalan
Jurang yang longsor dengan kedalaman sekitar 150 meter dari bahu jalan

Ardy Tarigan salah satu pengguna jalan tersebut mengatakan, ” Hari itu kan pas hujan deras sekitar pukul 16.30 wib , di situlah longsor ini terjadi , untung saja pun rumah yang sebelah sana enggak ngikut pun ke jurang., untuk mobil pun kalau berselisih harus berhenti satu baru bisa lewat itu pun harus hati hati , kalau silap sedikit mobil kita ini bisa langsung terjun ke jurang sana , bukan engak dalam itu bang jurangnya , ada sekitar 150 meter, ” katanya.

Jelas Tarigan lagi , jadi kami khususnya pengemudi angkutan pedesaan di Kec. Merdeka dan Kec. Naman Teran ini , memohon kepada instansi terkait agar segeralah di buat beronjong agar bekas longsoran itu tidak semakin lebar .  Lagian jalur ini kan , jalur Evakuasi Gunung Sinabung , seandainya terjadi erupsi Gunung Sinabung , warga yang berada di kec Naman Teran sana otomatis mereka sudah pasti melewati jalan ini. Sementara kondisi jalan kita seperti belum merdeka , padahal lokasi longsor ini di Kecamatan Merdeka , jadi tolonglah pak Bupati kami , agar sesegera mungkin di perbaiki bekas longsor ini , ” ucap Tarigan dengan penuh harap.

Terpisah Camat Merdeka Terang Ukur Br Surbakti ketika di konfitmasi lewat selulernya tentang bekas longsoran tersebut mengatakan , betul memang akses jalan tersebut sudah sangat butuh perbaikan , mengingat desa yang dalam sana pun banyak sekali seperti desa Ujung Teran , Deram , Cintarayat , Sada Perarih , maupun ke jalan tembus ke Kab Langkat pun bisa dari Kecamatan Merdeka ini, ” ucapnya .

Sebetulnya , begitu kejadian longsor itu terjadi , saya dan kepala desa Merdeka , langsung menyurati Dinas PU Kabupaten  Karo agar segera memperbaiki atau membuat bronjong di lokasi longsor tersebut ,lantas besoknya langsung dicek pihak PU ke lokasi tersebut tapi entah kenapa belum di perbaiki , kita kan tidak tau juga , mungkin dalam waktu dekat inilah akan di perbaiki .  Memang bekas lonsor itu sudah sangat butuh sekali perbaikan .  Tapi coba nanti saya ingatkan lagi sama Dinas PU Karo ya ,” tandasnya .

(David)

LEAVE A REPLY