Gunung Sinabung Meletus Hebat,Sebagian Wilayah Karo Gelap Tertutup Abu Vulkanik

Tanah Karo.Olnewsindonesia,Senin(19/02)

Gunung Sinabung Tanah Karo meletus dahsyat, Senin (19/2/2018) sekitar pukul 8.56 WIB dan masih berlangsung hingga saat ini. Letusan ini membuat sebagian wilayah Karo tampak gelap di siang hari karena tertutup abu vulkanik.

Saat ini diseputaran desa Sigarang-garang hujan batu  sedang terjadi, dan sebagian sudah gelap diselimuti debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung. Diharapkan kepada Pemkab Karo agar segera mengecek keberadaan warga disana, demikian ungkapan Riko Sembiring Sekjen Pospera Karo

Heriko menjelaskan lebih jauh  bahwa Desa Tiga Nderket saat ini tengah dilanda hujan pasir. Tim dari Kabupaten sudah menuju lokasi. “Mohon bantuan informasi untuk masyarakat agar tidak beraktivitas diluar,” demikian beliau menambahkan.

Foto : Situasi Pascal Terjadinya Erupsi Sinabung membuat Sebagian Wilayah Kabupaten Karo Berubah Gelap Tertutup Oleh Abu Vulkanik.
Foto : Situasi Pascal Terjadinya Erupsi Sinabung membuat Sebagian Wilayah Kabupaten Karo Berubah Gelap Tertutup Oleh Abu Vulkanik.

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang diterima dari Magma Indonesia, tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5000 meter, disertai suara gemuruh dan awan panas dengan jangkauan ke arah timur laut sejuah 3500 meter dan ke arah selatan sejauh 4900 meter.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho juga menyampaikan informasi bahwa telah terjadi letusan besar Gunung Sinabung. “Gunung SInabung meletus besar pagi ini,” tulis Sutopo di akun Twitter pribadinya @Sutopo_PN.

(Dasa)

LEAVE A REPLY