GP.Ansor Bedah Rumah Lansia

Berita Tegal, Online News Indonesia, Kamis (6/9)

Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal melakukan program bedah rumah. Kemarin, organisasi yang merupakan Badan Semi Otonom (Banom) Nahdlotul Ulama (NU) ini merampungkan kegiatan bedah rumah yang berasal dari bantuan dari program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Sararannya adalah empat kediaman janda lansia.

Ketua PAC GP Ansor Tarub Haryono mengatakan, proses pengerjaan rumah ini melibatkan personel Pemuda Ansor, Banser, warga masyarakat sekitar, Pemerintahan Desa setempat serta para pelaku usaha di Kecamatan Tarub.

” Kami dapat suport dari BAZ Kabupaten Tegal sebesar Rp17.500.000. Selain itu kamijuga menggali donasi dari pihak lain baik institusi maupun perorangan,” ujar Haryono kepada Online News Indonesia via telfon, Kamis (6/9).

Haryono menerangkan, program bedah rumah merupakan salah satu program unggulan Ansor Tarub dalam bidang sosial. Setelah pada tahun 2017 lalu, program jambanisasi menyasar masyarakat tidak mampu sebanyak 41 titik.

” Ini (program,red) adalah bentuk dari keberhasilan pengurus kami dalam membaca kondisi sosial di masyarakat, kemudian disampaikan kepada pihak terkait agar dapat dicari solusi terbaik,” ungkapnya.

Seperti yang telah dilangsir salah satu media Sabtu (27/7) lalu, Ibu Rukiyah janda berumur 110 tahun yang tinggal bersama 3 anaknya yang sama-sama Janda dan sudah berumur lansia.

Mereka tidak mempunyai pekerjaan sehingga untuk penghidupan sehari – hari sangat tergantung dari uluran tangan orang lain. Ibu rukiyah dan 3 anaknya tinggal di rumah yang amat sangat jauh dari layak dan hampir roboh, sehingga memerlukan penanganan yang serius.

“Kami merespon hal tersebut dengan mengusulkan dana rehab kepada BAZDA Kabupaten Tegal, yang diserahkan langsung oleh Ketua BAZDA Tegal sekaligus Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tegal, Hj Umi Azizah,” urainya.

Sementara itu, proses pengerjaan berlangsung kurang lebih 1 bulan. Dengan dibantu oleh Kader NU yang bergerak di bidang properti (Grand Panorama).

Kegiatan untuk proses rehab rumah tersebut menghabiskan total anggaran sebesar Rp50.000.000 yang berasal dari berbagai sumber. “Rumah ini sudah lebih dari layak. Rumah dengan type 50 itu sudah nyaman ditempati oleh penghuninya.

Dilengkapi dengan dapur dan kamar mandi dalam sehingga penghuni yang sudah lansia tidak perlu repot untuk keluar,” terang Sofiudin Pembina Banser Tegal, selaku penanggung jawab pembangunan.

Di sisi lain, Kepala Desa Tarub Basar Setiawan menyampaikan apresiasi serta kebanggaan kepada GP Ansor Kecamatan Tarub yang sudah mau menyumbangkan pikiran, tenaga serta biaya untuk mengelola bantuan RTLH kepada warganya di wilayah RT 5 RW 2 Desa Tarub Kecamatan Tarub.

“Ibu Rukiyah yang sudah ditinggal suaminya, hidup bersama 3 anaknya yang semuanya berstatus janda. Selama ini untuk menutup kebutuhan hidupnya mendapatkan sodaqoh dari keluarga maupun tetangga sekitar. Atas nama keluarga, kami ucapkan terima kasih. Tidak ada suatu hal yang bisa kami berikan, hanya doa, semoga Allah SWT melipat gandakan rizqi kepada yang sudah memberikan bantuan,” tandas Basar.

Rencananya, hasil bedah Rumah tersebut akan diresmikan oleh Plt Bupati Tegal Hj Umi Azizah pada, Sabtu (8/9) mendatang. Peresmian akan dihadiri unsur pemerintah kecamatan, pemerintah desa, organisasi masyarakat dan warga masyarakat sekitar.

(Vid)

LEAVE A REPLY