dr. Elya Nora Girsang “Senam Prolanis Bagi Penderita Hipertensi Dan Diabetes Melitus”

Foto: Nakes (Tenaga Kesehatan) sedang memberikan gaya Senam Prolanis bagi Pengidap Hipertensi dan Diabetes Melitus di Puskesmas Mogang Palipi Samosir Sumatera Utara
Foto: Nakes (Tenaga Kesehatan) sedang memberikan gaya Senam Prolanis bagi Pengidap Hipertensi dan Diabetes Melitus di Puskesmas Mogang Palipi Samosir Sumatera Utara

Mogang Palipi OLNewsindonesia Samosir Senin (18/9).Program Indonesia Sehat, merupakan program pemerintahan President Jokowi. Program ini menjamin dan memastikan masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan, seperti yang dilaksanakan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Hal ini diungkapkan Kepala Puskesmas Mogang Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir Sumatera Utara dr.Elya Nora Girsang, kepada OLNewsindonesia Jum’at (15/9) disela sela Senam Prolanis dipelataran Puskesmas Mogang.

Masih katanya, bahwa program Indonesia Sehat terdiri dari :
1.Paradigma Sehat,
2.Penguatan kesehatan masyarakat Primer, dan
3.Jaminan kesehatan Nasional.
Ketiganya ini akan dilakukan dengan menerapkan pendekatan Continuum of Care dan intervensi berbasis resiko (health risk).

Lanjut nya, Puskesmas Mogang Palipi melakukan Senam Prolanis yang peruntukannya bagi masyarakat peserta BPJS yang mengidap Hipertensi dan Diabetes Melitus, baik yang muda, pralansia maupun yang lansia. Dan kegiatan ini kita lakukan secara rutin setiap hari Jum’at pagi mulai pukul 08.00 wib sampai dengan selesai, ujar dr.Elya.

“Di kecamatan Palipi, pengidap Hipertensi dan Diabetes Melitus sangat banyak, namun yang aktif masih 25 orang( peserta BPJS). Dan senam Prolanis ini merupakan upaya kita agar masyarakat mengerti arti sebuah Kesehatan”, tutup dr.Elya Nora Girsang mengakhiri.

(SMS)

LEAVE A REPLY