DPD GRIND Kab Bandung Berkarya untuk Masyarakat Lewat Seni NGAMUMULE

Saat Acara Ngamumule
Saat Acara Ngamumule " Adu Tangkas Domba " Berlangsung di Kp padarek desa drawati kecamatan paseh Kabupaten Bandung

BANDUNG. Seni adu domba Garut adalah seni ketangkasan adu domba yang umumnya terdapat pada masyarakat Jawa Barat. Domba pada mayoritas masyarakat agraris di Tatar Pasundan merupakan jenis hewan ternak yang biasanya dimiliki selain sapi, ayam, dan bebek. Hewan ini selain digembalakan untuk memanfaatkan keberlimpahan rumput juga berguna sebagai penghasil pupuk organik yang dapat diinstensifikasikan penggunaannya pada upaya penyuburan ladang atau kebun rumahan pada umumnya. Selanjutnya, dalam sejarahnya domba sebagai hewan domestik masyarakat agraris ini kemudian berkembang menjadi seni tradisi adu ketangkasan.

Pada intinya adu domba ialah ajang pamer ketangkasan hewan ternak yang pada akhirnya akan menaikan gengsi suatu perkumpulan ternak tertentu. Para pesertanya ialah peternak-peternak domba yang tersebar hampir di seluruh jawa barat, terutama daerah garut, sumedang, bandung, majalengka dan lainya.

Event adu domba dilaksanakan setiap tahun dengan sistim kompetisi, hampir setiap bulan kegiatan ini dilaksanakan bergilir di daerah-daerah. Di bandung event adu domba ini salah satunya telah di adakan oleh Sayap Partai Perindo yaitu DPD GRIND Kabupaten Bandung di adakan nya di DPC Kec Paseh yang terletak di Kp padarek desa drawati kecamatan paseh Kabupaten Bandung.

Ketua DPD GRIND Kab. Bandung Ruri Ramdhani ( Kiri ) dan Sekretarisnya Rony ( Kanan ) saat di wawancarai Media OLNEWS INDONESIA
Ketua DPD GRIND Kab. Bandung Ruri Ramdhani ( Kiri ) dan Sekretarisnya Rony ( Kanan ) saat di wawancarai Media OLNEWS INDONESIA

Menurut Ruri Ramdhani ” Ketua GRIND DPD Kabupaten Bandung ” Pria kelahiran Bandung 21 April 1989. Acara ini di laksanakan agar Masyarakat lebih mengenal lagi akan adanya seni budaya adu tangkas Domba atau biasa kita kenal dengan NGAMUMULE. Selain itu juga tentunya untuk menjaga Silahturahmi antar Partai dan Sayap agar selalu terjaga ke kompakannya dan tetap solid untuk berjuang membesarkan Perindo secara nasional.

Adu tangkas domba yang berlangsung meriah dan ramai ini telah di ikuti oleh 50 peserta adu tangkas domba dari berbagai wilayah jawa barat dan dihadiri oleh sebanyak 1000 orang pengunjung yang ingin melihat dan menyaksikan acara tersebut. Ujar Rony sebagai Sekretaris GRIND DPD Kabupaten Bandung kepada wartawan media OLNEWS INDONESIA Jumat (19/5).

Acara ini di hadiri oleh Deden Dinar Mukti selaku Ketua GRIND DPW Jawa Barat. Turut serta pula dalam acara NGAMUMULE sekretaris DPD Partai Perindo Kabupaten Bandung yaitu Endang rukmana dan H. Tubagus Madya sebagai Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Bandung ini sekaligus membuka acara seni budaya adu tangkas Domba.

Ruri menambahkan bahwa acara adu tangkas domba ini di buat tentunya untuk menyatakan bahwa GRIND Kabupaten Bandung ini siap berkarya untuk masyarakat. (INK)

LEAVE A REPLY