Dokter Tiongkok Berhasil Mengoperasi Pria Cina Yang Memiliki 28 Kg Kotoran Di Usus Besarnya

Memiliki 28 Kg kotoran atau feses didalam usus besar ? Ya itulah yang dialami pria berumur 22 tahun dari negeri Panda ini. Pria tersebut tampak seperti wanita hamil 9 bulan dan perutnya hampir seperti meledak.

Sembelit yang selalu dialaminya sejak kecil, akhirnya dapat diketahui penyebabnya secara pasti. Setelah dilakukan pembedahan dan mengeluarkan 76,2 Cm kotoran yang terbungkus dalam usus pria tersebut.

Dokter dari Rumah Sakit Shanghai Ke-Sepuluh menyimpulkan bahwa pemuda memiliki penyakit Hirschsprung, yang menyebabkan perut membengkak karena saraf yang seharusnya mengontrol usus hilang.

Dibutuhkan waktu tiga jam untuk proses pembedahan pengangkatan kotoran tersebut. Dr Yin Lu yang merupakan bagian dari Tim Dokter yang melakukan operasi mengatakan bahwa bedah dilakukan dengan metode inverse.
Akumulasi kotoran yang tidak terbuang bertahun-tahun, yang membuat perut penderita penyakit Hirschprung menjadi besar. 1 dari 5000 bayi yang lahir berisiko terkena Hirschprung. Pada usia dewasa, pria lebih rentan terkena penyakit ini.

Menurut Dr Adam Taylor, Direktur Pusat Anatomi Kliniis di Universitas Lancaster, penyakit ini sudah ditemukan sejak tahun 1691. Pada saat itu Ahli Anatomi asal Belanda melaporkan bahwa dia menemukan pasien gadis muda yang mengeluhkan nyeri perut dan usus besar.
Sementara dari Klinik Mayo mengatakan bahwa penyakit ini juga bisa menurun kepada anak. Seperti penyakit jantung bawaan dan penyakit yang mempunyai sifat menurun.

(Source:mailuk)

LEAVE A REPLY