Bupati Samosir Ajak Masyarakat kuatkan Sikap Peduli Kepada Sesama

Berita Samosir.Olnewsindonesia,Kamis(08/11)

Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM berharap agar sifat egois bertetangga agar dihilangkan, dan mengajak saling peduli kepada Sesama.

Hal ini disampaikan Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM, disela pemerintah kabupaten Samosir menggelar doa bersama, terkait peristiwa tewas nya satu keluarga (bapak, istri dan dua orang anak nya) di Desa Tambun Sukean, kecamatan Onan Runggu kabupaten Samosir, doa bersama digelar dihalaman rumah korban, Rabu(7/11).

“Ibadah ini dimaksud untuk mendoakan agar korban di terima disisi NYA, dan sebagai wujud kepedulian (Prihatin) atas kejadian yang telah terjadi”, ungkap Rapidin.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir sangat menyesalkan kejadian tersebut, dan turut berduka cita yang sebesar besarnya kepada keluarga yang ditinggalkan, ucapnya.

Foto : Pada kesempatan yang sama, Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM memberi dan memakaikan sepatu  bantuan  kepada salah seorang siswa miskin dan anak yatim piatu.
Foto : Pada kesempatan yang sama, Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM memberi dan memakaikan sepatu bantuan kepada salah seorang siswa miskin dan anak yatim piatu.

Dan diharapkan kejadian ini tidak terulang kembali di Kabupaten Samosir ini, sifat egois dalam bertetangga perlu dihilangkan dalam kehidupan ini, kata Bupati.

Lebih lanjut beliau berpesan, Kepada keluarga muda agar mengerti dan menjadi bahan pengajaran dalam hidup berumah tangga, bahwa sifat egois tidak baik dalam rumah tangga, dan saling peduli kepada sesama khususnya bertetangga, ajak Rapidin.

Ditambahkannya, Kepada Para Kepala Desa melalui Perangkat Desa agar memonitoring kendala, masalah di lingkungan keluarga, masyarakat, segera melapor jika ada tindakan tindakan kekerasan kepada pihak berwajib.

Sebagai Aparat Daerah harus memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat dengan tegas dan berani jika terjadi kekerasan dalam rumah tangga, harapnya.

Bupati Samosir juga menyampaikan, bahwa Tahun 2019 akan diberikan beasiswa, bebas biaya sekolah, kepada para anak yatim piatu (tidak mempunyai orang tua), agar bisa menuntut ilmu dan lanjut sekolah. Kepada para kepala Desa agar bekerjasama untuk melaporkan adanya anak yatim piatu untuk diberikan Beasiswa, ujar Rapidin.

Acara ibadah doa bersama dipimpin Pastor Cefas sebagai Pastor Paroki Onan Runggu, Dan dalam Kotbahnya menyampaikan agar dalam kehidupan kita ini harus mengandalkan Tuhan, segala perkara pasti bisa kita atasi, karena Tuhan tidak memberikan cobaan yang tidak bisa kita pikul. Mari kita saling peduli kepada tetangga saling mengasihi, dan saling menolong.

Pada kesempatan sama, Pemkab Samosir yang bekerjasama dengan Go Ducate (Yayasan yang berpusat di Singapura) kembali menyerahkan bantuan berupa 308 pasang sepatu kepada para Anak Yatim dan kurang mampu di Kecamatan Onan Runggu.

Dengan raut wajah penuh kegembiraan, para pelajar tersebut menerima sepatu Baru. Rangkaian acara juga dilaksanakan penyerahan Rastra (Beras Sejahtera) kepada 43 KK , Bantuan Sosial Lanjut Usia 18 orang, Bantuan Sosial Disabilitas 8 orang.

Diakhiri acara, juga dilakukan penyuluhan mengenai permasalahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa (PPAMD) yang memberikan pembelajaran mengenai cara mengatasi permasalahan dalam keluarga khususnya kepada para keluarga muda.

Turut hadir wakil Bupati Samosir Ir.Juang Sinaga, Ketua DPRD Samosir Rismawaty Simarmata, Pastor Cefas (Pastor Paroki Onan Runggu), Pdt.Minar Hutapea (Pendeta HKBP Resort Onan Runggu), SKPD, Camat, Kepala Desa se-kabupaten Samosir, tokoh adat, serta masyarakat sekitar.

(JuntakStar)

LEAVE A REPLY