Perusahaan Jepang Gandeng PPKPI Pasar Rebo Dan PPKPL Condet

BERITA, JAKARTA73 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Perusahaan Jepang yang bergerak di bidang penyalur tenaga kerja, Sun Heart Company, Senin (6/11), melakukan kunjungan ke Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo dan Pusat Pelatihan Khusus Pengembangan Las (PPKPL) Condet, Jakarta Timur.

Mr Kento Arai, yang mewakili Sun Heart Company menyatakan, kedatangan mereka untuk mengajak kerjasama dalam penyaluran tenaga kerja. Dia datang didampingi perwakilan Jakarta Global Group, sebuah lembaga pendidikan Bahasa Jepang di Jakarta dan Kepala PPKD Jakarta Selatan, Budi Karlia Setyanto.

Menurut Kepala PPKL Condet, Ulin Nuha, perusahaan asal Jepang ini berniat merekrut peserta pelatihan kerja maupun alumni pelatihan kerja dari tempatnya untuk bekerja di Jepang. Khususnya yang mengikuti pelatihan las di bawah laut.

“Selama ini Jepang koordinasi dengan Jakarta Global Grup. Namun selama ini mereka belum pernah kirim SDM di bidang las. Makanya hari ini datang untuk mengajak kerjasama dalam pengiriman tenaga kerja bidang las ke Jepang,” kata Ulin

Sementara, Kepala PPKPI Pasar Rebo, Siti Jamharoh menandaskan, pihaknya merespon positif tawaran kerjasama seperti ini. Karena ini menguntungkan untuk unit yang dipimpinnya dan masyarakat yang membutuhkan bekerja keluar negeri. Tentunya ini dapat mengatasi pengangguran di Jakarta.

“Ke depan akan kita adakan interview bagi para alumni dan siswa pelatihan kerja di PPKPI. Kalau memenuhi syarat akan dilatih Bahasa Jepang terlebih dulu di PPKD Jakarta Selatan dan kolaborasi dengan Jakarta Global Grup,” ungkap Siti.

Untuk menghemat biaya, ungkap Siti, pihaknya mendorong peserta pelatihan kerja ini untuk berlatih Bahasa Jepang di PPKD Jakarta Selatan.

Disebutkan, jenis pekerjaan yang dilirik perusahaan Jepang di PPKPI Pasar Rebo ini adalah, Computer Numerical Control (CNC), Teknologi Mekanik, Las dan Tata Busana.

Sementara, Kepala PPKD Jakarta Selatan, Budi Karlia Setyanto yang hadir di PPKPI Pasar Rebo menambahkan, pihaknya siap memberi pelatihan Bahasa Jepang kepada peserta pelatihan dari PPKL Condet dan PPKPI Pasar Rebo. Sehingga saat bekerja di Jepang tidak ada masalah dalam hal komunikasi.

“Kita siap dukung dengan memberikan pelatihan Bahasa Jepang bagi calon tenaga kerja yang akan bekerja ke sana. Khususnya bagi mereka yang telah mengikuti pelatihan kerja di PPKPI Pasar Rebo dan PPKPL Condet,” pungkas Budi.

210