by

Pj Gubernur Heru Buka Jakarta Investment Award 2023

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membuka kegiatan Jakarta Investment Award (JIA) 2023 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Selasa (31/10).

JIA 2023 memberikan apresiasi kepada 40 pelaku usaha yang berkontribusi nyata terhadap pencapaian peningkatan realisasi investasi di Jakarta.

“JIA ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kami kepada para penanam modal yang telah berkontribusi terhadap perekonomian Jakarta dan melaksanakan kewajiban serta tanggung jawab sesuai peraturan yang berlaku,” ujar Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

Pj Gubernur Heru juga mengungkapkan, sebagai pusat kegiatan ekonomi nasional, Jakarta telah memberikan kontribusi 16,64 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Hal ini juga berpengaruh terhadap momentum perpindahan Ibu Kota negara, sehingga Jakarta memfokuskan diri menjadi kota bisnis berskala global.

“Investasi tentunya merupakan komponen penting untuk mewujudkan Jakarta sebagai pusat bisnis berskala global. Perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian investasi harus sejalan dengan prinsip kemudahan layanan perizinan berusaha. Hal ini merupakan strategi Pemprov DKI Jakarta untuk mencapai akselerasi pertumbuhan ekonomi tahun 2024,” ungkapnya.

Di samping itu, Pj Gubernur Heru menjelaskan, penyederhanaan prosedur perizinan dinilai mampu meningkatkan realisasi investasi, bahkan membuka lapangan usaha, serta mengurangi angka pengangguran terbuka di Jakarta. Dalam hal ini, Pemprov DKI Jakarta bersama pemerintah pusat terus bersinergi dalam mewujudkan realisasi investasi sepanjang tahun 2023 agar sesuai target yang telah diupayakan.

“Kami juga berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat dan para pelaku usaha dalam pencapaian realisasi investasi Triwulan III tahun 2023 yang mencapai Rp. 130,3 triliun, 77,2% dari target tahun 2023. Semoga target akhir tahun 2023 dapat kita capai,” jelasnya.

Pj Gubernur Heru juga berterima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Kementerian Investasi/BKPM, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) DKI Jakarta yang telah menjadi mitra strategis dalam menyukseskan penyelenggaraan acara Jakarta Investment Award 2023.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra menyebutkan, penghargaan ini penting diadakan untuk peningkatan realisasi investasi di Jakarta.

“Jakarta Investment Award ini penting, guna meningkatkan public awareness akan pentingnya kepatuhan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dalam upaya peningkatan Realisasi Investasi di Jakarta” kata Benni.

Benni menyebut, kontribusi pelaku usaha terhadap pemulihan kondisi ekonomi di DKI Jakarta terbukti cukup signifikan terutama pada aktivitas belanja modal dan peningkatan jumlah proyek sesuai dengan izin yang diterbitkan.

Provinsi DKI Jakarta terus mencatat tren positif raihan realisasi investasi dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, capaian realisasi Provinsi DKI Jakarta pada Triwulan III 2023 menjadi yang tertinggi di tingkat nasional, yakni mencapai Rp 50,9 triliun.

Pada Triwulan III 2023 ini, realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) Provinsi DKI Jakarta mencapai USD 1,1 miliar atau setara Rp 16,7 triliun. Sementara realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Jakarta menembus angka Rp 34,2 triliun.

Lalu, sepanjang Januari-September 2023, setidaknya terdapat tiga sektor yang memiliki kontribusi terbesar pada realisasi penanaman modal bagi Provinsi DKI Jakarta. Ketiga sektor itu adalah Transportasi, Gudang dan Telekomunikasi dengan nilai Rp 46,6 triliun (36%), Jasa Lainnya Rp 23,7 triliun (18%), dan Perumahan, Kawasan Industri, dan Perkantoran Rp 16,5 triliun (13%).

210